|

Aceh Terapkan Jukir Di Sejumlah Ritel Modern

Indomaret. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Banda Aceh : Dinas Perhubungan (Dishub) Banda Aceh telah menempatkan juru pakir (Jukir) untuk mengatur kendaraan yang bertengger di ritel-ritel modern Indomaret dan Alfamart di ibu kota provinsi.

Plt Kabid Perparkiran Dishub Kota Banda Aceh Aqil Perdana Kesumah menyampaikan, dengan adanya penempatan juru parkir, maka lahan parkir di kedua ritel modern Indomaret dan Alfamart tidak lagi gratis seperti biasanya.

" Untuk tarif parkir sebetulnya sudah lama di Indomaret dan Alfamart. Cuma dulu mereka membayar langsung ke Dishub. Sekarang sudah ditempatkan juru parkir,” ucapnya pada pers, Selasa (01/10/2024).

Menurutnya, penempatan juru parkir di ritel-ritel modern Indomaret dan Alfamart tersebut sudah dilakukan sejak dua bulan lalu.

Aqil menjelaskan, tarif parkir di lahan ritel Indomaret dan Alfamart sama seperti tarif di lokasi lainnya, yakni Rp1.000 untuk kendaraan roda dua per sekali parkir dan Rp2.000 untuk kendaraan roda empat per sekali parkir.

" Mekanisme pembagiannya juga sama sesuai dengan Perwal, 35 banding 65. Yaitu 35 ke satuan retribusi daerah dan 65 untuk keuntungan juru parkir,” ujarnya.

Dalam menempatkan jukir, Dishub Kota Banda Aceh, berkoordinasi dengan setiap keuchik yang ada ritel Indomaret dan Alfamart di wilayahnya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat.

Kendati demikian, dia mengaku cukup kesulitan mencari juru parkir, sehingga saat ini masih banyak ritel Indomaret dan Alfamart di Banda Aceh yang belum ada jukir.

" Kami dari perhubungan memperdayakan masyarakat setempat. Jadi kita tawarkan dulu, kalau tidak ada baru kita pakai orang luar. Tapi cari juru parkir inikan susah juga, karena mereka mau yang tempat rame. Kalau pengunjungnya biasa mereka enggak mau," ungkapnya. 

Selain itu, tambahnya, untuk penempatan jukir di ritel modern tersebut tidak membutuhkan persetujuan dari pihak Indomaret dan Alfamart. Sebab lahan parkir yang digunakan merupakan Garis Sempadan Bangunan (GSB). (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini