|

Sumut Cetak Sejarah Rebut Emas Perdana Squash PON XXI

Sumatera Utara (Sumut) mencatatkan sejarah merebut medali emas pertama di cabang olahraga Squash Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, Jumat (13/9/2024) sore.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Deliserdang: Sumatera Utara (Sumut) mencatatkan sejarah merebut medali emas pertama di cabang olahraga Squash Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, Jumat (13/9/2024) sore. 

Sebelumnya Sumut hanya pernah merebut medali perunggu pada PON XV/2000 di Surabaya. 

Sejarah ini tercipta usai Sumut mengalahkan Aceh di babak IV nomor beregu campuran putra yang berlangsung di Squash Arena Dispora Sumut Jalan PBSI Kenangan Baru, Pancing, Deliserdang.

Diketahui antara Sumut dan Aceh memiliki peluang sama untuk merebut emas. Sama-sama mengantongi tiga kemenangan, pemenang di babak ini akan membawa pulang medali emas. 

Di game pertama, Sumut menurunkan atlet Putra andalannya, Eris Setiawan menghadapi Nugraha Pratam. Di laga ini, meski memainkan permainan panjang namun Eris lebih tenang. Bahkan ketenangannya membuat lawan kerap membuat kesalahan hingga harus tertinggal 9-0. Set pertama ini pun akhirnya dimenangkan Eris 11-2.

Di set kedua permainan mulai terbuka dan sengit. Keduanya saling bergantian memimpin angka hingga 6-6. Namun dari angka imbang tadi, Eris bangkit hingga menyudahi set ini dengan kemenangan 11-8.

Pada set ketiga, permainan realy panjang diperlihatkan keduanya. Kejar mengejar skor terulang seperti set kedua. Usai melampui skor di 4-3, Eris seperti mendapatkan angin. Permainannya semakin apik hingga menyudahi laga ini dengan skor 11-4. Untuk sementara Sumut unggul 1-0 atas Aceh. 

Game kedua Sumut menurunkan tunggal putrinya Fadilah Aulia Putri menghadapi Revalin Lusiana. Usai poin pertama direbut Revin, Fadilah atlet Sumut berjilbab ini justru langsung tancap gas unggul 6-1. Hingga akhirnya menutup set pertama dengan 11-5.

Di set kedua kemampuan Fadilah semakin prima. Ia tidak mau memberi angin kepada Revalin hingga menutup set ini 11-4. Pada set ketiga, Revalin yang semakin terdesak justru kerap melakukan kesalahan sendiri. Akhirnya kesempatan ini dimanfaatkan Fadilah hingga menjaga dengan skor 11-5. Sumut pun menyudahi pertandingan ini 2-0 hingga laga game ketiga tidak lagi dimainkan. 

Atas kemenangan ini Sumut merebut medali emas disusul Aceh dengan perak dan Jambi medali perunggu.

Pelatih Sumut, Rusli akhirnya merasa lega karena Sumut mampu memenuhi target emas. 

“Alhamdulillah sudah satu emas kita rebut dari dua target yang kita usung. Semoga dengan medali emas ini bisa menjadi motivasi untuk atlet Sumut di nomor lainnya sehingga target kita terpenuhi,” kata Rusli bangga. 

Sementara, Ketua Umum Persatuan Squash Indonesia (PSI) Sumut, Jimmy Sembiring mengucap syukur Sumut berhasil mencetak sejarah emas perdana PON. 

“Pencapaian ini sangat luar biasa karena kami bisa mencetak sejarah emas. Semua ini terwujud berkat dukungan semua pihak terutama dukungan dari Ketua Umum KONI Sumut Bang Jhon Ismadi Lubis yang sangat mensupport Squash Sumut. Kami tentunya berharap akan tercipta emas berikutnya di ajang PON ini,” kata Jimmy bangga. 

Dalam nomor beregu campuran Putra Squash ini medali emas direbut Sumut, disusul Aceh medali perak dan Jambi dengan perunggu.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini