|

Soal Maraknya Geng Motor, Kapolri Minta Jajaran Korlantas Cari 'Solusi'

Kapolri Jendral Listyo. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Jakarta : Kapolri Jendral Lisyto Sigit Prabowo meminta jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mencari solusi maraknya pertumbuhan geng motor di Tanah Air. Dia menyebutkan geng motor masih selalu ada dan ramai tersebar. 

Hal itu disampaikan Jenderal Sigit pada pers di HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 di Jakarta Selatan pada Kamis lalu (26/09/2024).

" Kalau kita lihat di TV setiap hari kita lihat yang namanya geng motor itu masih selalu ada dan ramai," sebutnya. 

Karena itu dia meminta Korlantas dan jajarannya untuk menyelesaikan tugas soal geng motor, termasuk mencari seluruh akar masalahnya.

" Nah ini tentunya PR (pekerjaan rumah) kita yang tentunya harus kita cari tahu kira-kira akar masalahnya dimana?," tanyanya. 

" Apakah sasaran dari yang selama ini kita sosialisasikan masih perlu diperluas ataukah memang perlu ada treatment khusus karena yang satu ini terkait masalah fenomena sosial yang mungkin disalah artikan oleh anak-anak tersebut,” tambahnya.

Dia mengatakan fenomena geng motor kerap dampak buruk bagi yang terlibat. Mulai perihal kecelakaan lalu lintasnya hingga dampak jika terjadinya tawuran.

" Namun di sisi lain ini fakta dan banyak yang menjadi korban karenanya, mulai dari masalah laka lantasnya itu sendiri sampai dengan tawurannya," jelasnya.

Begitu pun, dia juga mengapresiasi sosialisasi yang telah dilakukan ke sekolah-sekolah. Dan tetap meminta Korlantas harus menyelesaikan fenomena geng motor yang hingga kini tak berhenti.

" Di satu sisi, kita sudah berupaya melakukan kegiatan preemtif, preventif, represif, mulai dari membuat modul pelajaran bagi anak-anak kita, ada polisi cilik, kemudian masuk ke sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi. Namun fenomena anak-anak geng motor ini juga tidak terus kemudian berhenti," katanya. 

" Tolong ini terus dipertahankan dan ditingkatkan karena memang harapan saya rekan-rekan betul-betul menjadi etalase yang menjadi kebanggaan Polri," imbuhnya. (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini