|

Pemko Medan Apresiasi Autism One Day Festival

Pemko Medan mengapresiasi kegiatan Autism One Day Festival, Minggu (25/08/2024) di Atrium Manhattan Square.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan mengapresiasi kegiatan Autism One Day Festival, Minggu (25/08/2024) di Atrium Manhattan Square. 

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi platform efektif untuk berbagi pengetahuan, membangun komunitas yang inklusif, dan bisa mempromosikan duiungan berkelanjutan bagi anak degnan autism dan keluarganya. 

Harapan ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Medan, Edliaty, saat mewakili Wali Kota Bobby Nasution menghadiri kegiatan yang digelar Perempuan Pemimpin Indonesia (Perpina) Sumut itu. 

Edliaty mengatakan, data Kementerian Kesehaan Republik Indonesia menunjukkan, jumlah anak dengan autisme di negeri ini terus meningkat. Diperkirakan saat ini sekitar 2,4 juta anak mengalami Autism Spectrum Disorder (ASD). 

“Angka kelahiran anak di Indonesia mencapai 4,5 juta per tahun. Dari angka tersebut, ungkapnya, 1 di antara 100 anak mengidap ASD,” ungkapnya. 

Karena itulah, sebutnya, kegiatan ini penting. Diharapkan kegiatan ini dapat pula meningkatkan pemahaman masyarakat tentang autism. Dengan pemahaman itu, lanjutnya, dapat pula diketahui tentang deteksi dini autism agar dapat membantu anak-anak mendapat intervensi tepat waktu sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka.

Kegiatan Autism One Day Festival merupakan program festival yang didedikasikan untuk anak-anak dengan autistic, dan orangtua anak dengan autistik. Acara dimeriahkan dengan seminar, pameran, penampilan anak autis, serta membentuk forum komunikasi keluarga autis Medan.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini