|

Kasdam I/BB Resmi Tutup TMMD ke-121 Kodim 0204/DS

Kasdam I/BB Brigjen TNI Refrizal menutup TMMD ke-121 Kodim 0204/DS dengan pemukulan gong.

INILAHMEDAN.COM - STM Hulu - Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan (Kasdam I/BB), Brigjen TNI Refrizal resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) le-121 TA 2024 Kodim 0204/Deli Serdang di Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (22/8/2024). 

Prosesi acara penutupan diawali dengan penyambutan tarian adat Karo; Piso Surit, dilanjutkan pengalungan ulos kepada Kasdam I/BB serta Danrem 022/PT, Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu.

Selesai memeriksa barisan pasukan peserta upacara, Kasdam membacakan amanat Pangdam I/BB. Dikatakannya, kegiatan TMMD ini bagian dari operasi bakti TNI yang diwujudkan dengan cara membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

TMMD bukan domain dari TNI semata, melainkan program bersama pemerintah daerah dan kota. Yakni bersatu padunya semua komponen bangsa yang terkoordinasi dan terkoordinir, yang dilaksanakan secara bahu-membahu dan gotong-royong.

"Ini merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan warisan budaya para pendahulu kita, sejalan dengan tema kali ini 'Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah',” ucap Kasdam. 

Dalam pelaksanaan TMMD ke-121 Kodim 0204/Deli Serdang ini, selain pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, juga dilaksanakan program unggulan Kasad yang mencakup TNI Manunggal Air, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), dan pembangunan jalan dengan perkerasan material sirtu (pasir dan batu).

Kasdam I/BB Brigjen TNI Refrizal menyaksikan penandatanganan berita acara hasil pelaksanaan TMMD Kodim 0204/DS.

Di samping itu, juga dilaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan di berbagai bidang yang diharapkan akan membuka cakrawala masyarakat untuk mengembangkan diri guna meningkatkan kesejahteraannya. 

"Saya berharap TNI bersama pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat dapat terus mempererat hubungan dan bekerja sama lebih erat. Dengan demikian, kita dapat menghadapi dan mengatasi berbagai kesulitan serta tantangan yang mungkin akan muncul di masa depan," tutup Kasdam.

Acara diakhiri Kasdam dengan menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima hasil pelaksanaan TMMD ke-121 Kodim 0204/Deli Serdang  antara Dansatgas, Letkol Inf Alex Sandri, SHub Int, MHI, dengan Pj Bupati Deli Serdang yang diwakili Asisten III Administrasi Umum, Dedy Maswardy.

Kemudian, Kasdam beserta rombongan dengan meninjau kegiatan bakti sosial, bakti kesehatan dan lokasi sasaran fisik di Dusun Surbakti, Desa Rumah Sumbul, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Hadir di acara, antara lain Danbrigif 7/RR, para Wakil Asisten Kasdam I/BB, Danyonif 121/MK, para Kasi Korem 022/PT, para Danramil serta Perwira Staf Kodim 0204/DS, Camat STM Hulu dan tamu undangan lainnya. (Sumber: Satgas TMMD Kodim 0204/DS)

Komentar

Berita Terkini