|

Bawaslu Sumut Perkuat Komitmen Maksimalkan Pengawasan Pilkada Serentak 2024

Bawaslu Sumatera Utara berkomitmen untuk memaksimalkan pengawasan Pilkada Serentak 2024 di seluruh kabupaten kota di Sumatera Utara.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Bawaslu Sumatera Utara berkomitmen untuk memaksimalkan pengawasan Pilkada Serentak 2024 di seluruh kabupaten kota di Sumatera Utara. 

"Kita tidak boleh lengah sedikit pun meski kerawanan pilkada berada pada kategori sedang. Seluruh energi kita persiapkan untuk memastikan kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah 2024,” kata anggota Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu pada peluncuran Peta Kerawanan Pemilihan Serentak 2024 yang digelar Bawaslu RI di Bidakara Hotel Jakarta, Selasa (26/08/2024).

Dia menekankan pentingnya kapasitas dan kapabilitas jajaran Bawaslu mulai dari tingkat pusat hingga paling bawah agar penyelenggaraan pemilihan kali ini berjalan sukses. 

“Kami akan terus berupaya dalam pengembangan pencegahan dan pengawasan. Kami harus terus bertumbuh dan berkembang,” ujar mantan anggota Bawaslu Pakpak Bharat 2018-2023 ini. 

Menurut Saut, pemilihan serentak kali ini akan menghadapi berbagai tantangan. Termasuk netralitas ASN, potensi saling mengadukan, dan kemungkinan gesekan antar pendukung. 

Bawaslu, kata dia, harus mampu membangun komunikasi dengan semua pihak, termasuk lembaga-lembaga non-pemerintah untuk mendapatkan dukungan dalam pencegahan, pengawasan, dan penindakan pelanggaran.

“Kami terus memperkuat kemampuan Bawaslu Sumut serta jajaran sekretariat,” kata Saut.

Bawaslu Sumut juga berkomitmen untuk memperkuat pengawasan partisipatif dengan melibatkan berbagai pihak. 

“Kami akan merangkul lembaga-lembaga kepemiluan, ormas, pemantau Pemilu, media, kampus-kampus, serta tokoh-tokoh yang berpengaruh untuk memastikan pemilihan serentak berjalan sesuai aturan, jujur, adil, dan bersih,” katanya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini