|

Bawaslu Sumut Ajak Tokoh Agama Kampanye Lawan Hoaks dan Politik Uang di Pilkada 2024

Bawaslu Sumatera Utara mengajak tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, media dan lainnya untuk mengampanyekan melawan hoaks, isu SARA, politik uang pada Pilkada Serentak 2024 agar berjalan damai dan berkualitas.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Bawaslu Sumatera Utara mengajak tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, media dan lainnya untuk mengampanyekan melawan hoaks, isu SARA, politik uang pada Pilkada Serentak 2024 agar berjalan damai dan berkualitas. 

Hal itu dikatakan Saut Boangmanalu selalu Koordinator Divisi Humas Datin Bawaslu Sumut kepada pers di Bandara Kualanamu sekembali dari Jakarta menghadiri Launching IKP secara nasional, Selasa (27/08/2024). 


“Suhu politik jelang Pilkada Serentak 2024 kan sudah semakin meningkat ya. Kita mengharapkan peran strategis para tokoh bisa berjalan dan menjadi penyejuk bagi masyarakat Sumatera Utara untuk mengkampanyekan melawan hoaks, politik uang pada pilkada," kata Saut. 


Saut berharap peran tokoh-tokoh agama di Sumut mampu menyejukkan masyarakat dengan mempererat tali silaturahim. 


"Kita tau Sumut itu sangat beragam, butuh perekat yang efektif menjaga dari perpecahan selama pemilihan kepala daerah berlangsung,” katanya. 

Saut juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif menjaga suasana damai, menghormati perbedaan serta selalu bersikap positif dalam menanggapi dinamika politik. 

“Boleh mendukung dan menyampaikan hal-hal baik calon yang diusungnya tetapi jangan menjelekkan, menghina, jangan mengintimidasi apalagi memprovokasi dan anarkis," kata alumni STAKPN Tarutung itu.

Bawaslu Sumut, kata dia, membuka ruang seluas-luasnya bagi siapapun yang ada di Sumatera Utara untuk bekerja sama dengan Bawaslu dalam ruang-ruang pengawasan partisipatif. 

"Silakan bagi siapapun yang hendak mendapatkan informasi ataupun berkeinginan untuk ikut dalam pengawasan partisipatif secara aktif untuk berdiskusi dengan jajaran Bawaslu kabupaten ota, panwascam atau PKD kami. Hal ini kita lakukan untuk memastikan proses perjalanan Pemilihan Serentak 2024 benar-benar berjalan baik, sesuai aturan, jujur dan adil,” katanya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini