|

Pendaftar Volunter PON Sumut Capai 14 Ribu Orang

Sejak dibukanya pendaftaran volunter atau relawan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh – Sumut, saat ini total pendaftar mencapai 14 ribu peserta. Jumlah ini memang masih jauh dari target 70 ribu volunter yang akan dilibatkan dalam PON edisi ke-21 tersebut.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Sejak dibukanya pendaftaran volunter atau relawan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh – Sumut, saat ini total pendaftar mencapai 14 ribu peserta. Jumlah ini memang masih jauh dari target 70 ribu volunter yang akan dilibatkan dalam PON edisi ke-21 tersebut.

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Sumatera Utara terus memperluas sosialisasi dan informasi ke masyarakat luas agar target bisa tercapai sebelum pelaksanaan PON yang dimulai 8 -20 september mendatang.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON XXI wilayah Sumut, Ismael Sinaga masih optimis target 70 ribu volunter bisa tercapai.

"Saat ini, volunter yang sudah mendaftar 14.000 orang. Kami menargetkan bisa merekrut 70.000 sukarelawan," ujar Ismael  di Medan, Selasa (23/07/2024).

Sosialisasi sudah dilakukan secara gencar oleh PB PON Sumut ke pemangku kepentingan, kampus, sekolah, kelompok masyarakat, bahkan organisasi kepemudaan, kampus. "Kami optimistis yang mendaftar menjadi sukarelawan dalam ajang nasional sesuai target sebelum pelaksanaan PON," kata Ismael.

Ismael memastikan para volunter akan mendapatkan berbagai layanan fasilitas selama bertugas. Berupa atribut hingga reward bagi mereka yang masuk dalam kategori green volunter. "Fasilitas diberikan kepada petugas langsung berupa kartu pengenal, atribut, insentif sesuai dengan ketentuan. Selain itu juga diberikan jaminan ketenagakerjaan dan sertifikat. Pelibatan masyarakat menjadi volunter  pada PON ini untuk memecahkan rekor MURI," kata Ismael.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak seluruh masyarakat di wilayahnya untuk berpartisipasi agar jumlah relawan di PON 2024 terbanyak se-Indonesia pada perhelatan olahraga nasional.

"Kita perlu menyukseskan PON ini bersama, yang tidak panitia bisa bergabung menjadi volunter terjun langsung menyukseskan perhelatan ini," ujarnya.

Seperti diketahui kategori volunter terdiri atas green volunter, blue  volunter, dan Yellow volunter. Untuk green volunter bertugas langsung dalam pelaksanaan ajang. Mereka akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai staf maupun general support.

Sementara Blue volunter mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Nantinya, disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON.

Sedangkan Yellow volunter terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut yang bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan, kepemudaan.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini