|

PDIP Kerucutkan Tiga Nama di Pilgub Sumut 2024

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) masih menyeleksi sejumlah nama yang akan diusung dalam Pilgub Sumut 2024. Hasto bertekad pasangan calon yang akan diusung nantinya bisa mewakili aspirasi masyarakat.(foto: dok) 

INILAHMEDAN - Jakarta: Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) masih menyeleksi sejumlah nama yang akan diusung dalam Pilgub Sumut 2024. Hasto bertekad pasangan calon yang akan diusung nantinya bisa mewakili aspirasi masyarakat. 

"Bagi kami, pilkada bukan sekadar figur, tetapi ini konsolidasi partai. Ini pergerakan mesin partai. Ini keyakinan pada ideologi, ini komitmen kepada rakyat dan tanggung jawab bagi masa depan," kata Hasto saat ditemui di kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro No 58, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/07/2024). 

Juru Bicara PDIP Cyril Raoul Hakim menegaskan partainya tidak khawatir apalagi gentar menghadapi koalisi gemuk pendukung Bobby Nasution di Pemilihan Gubernur Sumut. 

Hingga kini, ada tujuh partai yang mengusung menantu Presiden Jokowi tersebut yakni Gerindra, Golkar, NasDem, PKB, PKS, PAN, dan Demokrat.

"Bagi kami gemuk atau tidak gemuk tidak terlalu masalah," kata pria yang karib disapa Chico ini, melansir Tempo, Senin (22/07/2024).

Chico menegaskan PDIP masih memiliki opsi mencalonkan kader sendiri karena memiliki golden ticket jumlah kursi di DPRD Sumut. 

“Kami sedang mempersiapkan nama-nama dan mencoba untuk mengerucutkannya menjadi satu nama,” katanya.

Nama-nama calon yang dimaksud Chico adalah Nikson Nababan, Sofyan Tan, dan Djarot Saiful Hidayat. Ketiganya adalah kader PDIP yang punya rekam jejak politik di Sumut.

Nikson adalah mantan Bupati Tapanuli Utara dua periode, Sofyan Tan merupakan anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sumut I. Adapun Djarot, selain anggota DPR RI dari daerah pemihan Sumut III, dia juga pernah bertarung di Pilgub Sumut 2018.

“Kami mencoba untuk mengerucutkannya menjadi satu nama.”

PDIP akan memfinalisasi kerja sama politik dengan partai lain untuk memperkuat dukungan terhadap calon-calon yang tengah dipertimbangkan. 

Chico memastikan PDIP akan serius menggarap semua wilayah di Sumut untuk mendulang suara. Strategi ini untuk mengkombinasikan pasangan calon yang dapat diterima di wilayah Tapanuli Bagian Selatan, yang pada Pemilu 2024 berlomba memenangkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini